Magic ISO - Virtual CD/DVD Rom

Senin, 10 Maret 2008

Terinspirasi oleh sebuah trouble yang kutemui ketika dulu pertama kali mulai mengajar komputer. Ada banyak CD pembelajaran komputer, termasuk juga jenis-jenis game yang di dalamnya terkandung nilai-nilai edukasi. Tapi tiba-tiba mlongo ketika sadar bahwa di ruang lab itu ada 20 komputer, dan tanpa ada LCD projector !!!. Waduuuu, bagaimana cara daku bisa ngajar kalo cuma pake satu CD begini? Copy seluruh file ke harddisk trus di share ke komputer client? walah, tetep kagak jalan, karena setiap kali file di run, pasti ada warning "masukkan CD program, bla bla bla... !"
Eleuh eleuh.. jadi gimana daku bisa ngajar 20 anak dengan sebiji CD???
Nah, iseng-iseng browsing, ternyata nemu ini nih.

Magic ISO, program yang secara bahasa premannya - digunakan untuk membajak CD Software. Eheheheh... hush!

Anda pasti pernah menemui jenis CD yang programnya harus selalu dijalankan bersamaan dengan CD aslinya. Wah apalagi kalo CD nya itu CD pinjaman, pasti menyedihkan bukan? Nah, sekarang anda tidak perlu repot lagi. Cukup gunakan program ini, dan dijamin, program tersebut tidak akan ketergantungan lagi terhadap CD aslinya. Bahkan anda bisa mengcopy nya ke komputer lain sebanyak yang anda mau. Eitttt... tapi jangan coba-coba membajak untuk dijual lho yah. Dosa tau !

Untuk mendapatkan installernya, bisa coba download melalui URL berikut ini:

  1. http://www.infonesia.org/index.php?option=com_content&task=view&id=430&Itemid=138
  2. http://septianka.web.ugm.ac.id/download/download-view-274-MagicISO.cpp
katanya temen, link yang di atas itu gak bisa di download. Jadi ganti pake link account rapidshare-ku aja nih: http://rapidshare.com/files/98848989/setup_magicdisc.exe

Setelah menginstallnya, anda dapat menggunakannya dengan langkah sebagai berikut:
  1. Pastikan program MagicISO telah terinstall di komputer anda, dan lihat apakah icon MagicDisc tampak pada systray. Jika icon MagicDisc belum nampak pada systray, klik pada Start>>Programs>>MagicDisc.
  2. Masukkan CD program yang ingin anda copy ke dalam CD Rom.
  3. <>Klik kanan icon MagicDisc pada systray, lalu pilih Make CD/DVD Image. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog. Bagian CD/DVD Driver isilah dengan lokasi Drive CD/DVD room anda. Bagian Output File, isi dengan nama dan lokasi yang anda kehendaki. Bagian Output Format biasanya secara default telah terisi dengan "UIF".
  4. Klik OK, dan tunggu sampai proses peng-copy-an file selesai.
Well, file bajakan sudah selesai di copy. Sekarang tinggal mencoba menjalankannya tanpa CD asli. Caranya sebagai berikut:
  1. Klik kanan icon MagicDisc pada systray, lalu pilih Virtual CD/DVD Rom, kemudia pilih sembarang drive yang telah tersedia, kemudian klik Mount.
  2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk membrowse file UIF dari program yang filenya sudah anda copy tadi.
  3. Klik OK, lalu coba lihat. Apakah program bisa berjalan tanpa CD aslinya???
  4. tadaaaaaaaaaaaa... sekarang anda tidak butuh CD aslinya lagi kan kan kan?
Setiap satu buah file UIF yang dijalankan (=dimount) akan menciptakan sebuah virtual CD/DVD Rom. Jadi jangan kaget jika pada saat anda menjalankan file UIF, tiba-tiba di explorer nampak ada drive baru.

Anda dapat mengcopy CD yang lain lagi, dan melakukan Mounting dengan memilih drive kosong yang disediakan oleh MagicDisc.

File UIF juga dapat di share ke komputer lain yang berada dalam jaringan. Dengan catatan, pada setiap komputer client harus sudah terinstall MagicISO. Dan masing-masing komputer client dapat mengakses file UIF dari server dengan melakukan mounting terlebih dahulu, lalu browse file UIF yang tersimpan di server.

Penulis tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan atau akibat yang ditimbulkan oleh penerbitan artikel ini. Semoga para pembaca dapat memanfaatkannya secara bijaksana.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

links downloadnya kok ndak bisa ya? hiks